Senin, 18 Januari 2010

bab 11

entry and expansion

peran manajemen
manajemen ialah suatu yang menjembatani proses perencanaan,pengorganisasian,pengkoordinasian dan control sumber daya untuk mencapai tujuan perusahaan secara efektif dan efisien.efektif dalam arti,manajemen harus dapat masuk dan berkembang di pasar international,menarik pasar baru,belajar untuk terus beroperasi dengan lebih baik.

motivasi untuk memasuki pasar luar negeri :

proactive motivations
-laba
-keunikan produk
-informasi exclusive
-peran teknologi
-manfaat pajak
-skala ekonomis

reactive motivations
-tekanan persaingan
-produksi berlebih
-penurunan omset penjualan lokal
-kelebihan kapasitas
-kejenuhan pasar lokal
-pelanggan dan pelabuhan

strategi go international
setiap perusahaan harus bisa fokus terhadap isu-isu baru,seperti bagaimana cara terbaik dan efektif berkomunikasi dengan costumers dan persoalan-persoalan operasional lain.seperti arus informasi dan mekanisme-mekanisme penting dalam menjalankan transaksibisnis internasional.
pemahaman akan perubahan tingkat risiko dan peluang dapat membantu manajemen mengatasi penghalang berkenaan dgn biaya untuk masuk ke pasar internasional,karena perkembangan negatif mungkin hanya jangka pendek.
kekuatan kompetitif mengacu pada posisi perusahaan dibandingkan dengan perusahaan lain dalam industri dan karena dari pengalaman international tersebut akan ada kemungkinan untuk terus tumbuh.
ada beberapa perantara yang ada diluar perusahaan yang secara efektif berpartisipasi dalam transaksi international yaitu seperti halnya perusahaan manajemen ekspor ataupun perusahaan perdagangan international.perantara-perantara ini membuat setiap transaksi internasional berfungsi dengan baik,namun peran mereka dapat meningkatkan beban dan berefek pada penurunan laba.

fasilitas sector publik
selain kegiatan mengekspor dan mengimpor,ada alternatif bagi bisnis international ini seperti lisensi merk,waralaba dll.keuntungan dasar perizinan adalah bahwa hal itu tidak melibatkan investasi modal ataupun pengetahuan akan pasar dan kerugian besar ialah bahwa perjanjian lisensi biasanya memiliki batas waktu,sering dilarang oleh pemerintah asing dan dapat berakibat pada para pesaing,sementara itu dewasa ini penciptaan waralaba sebagai sarana ekspansi ke pasar luar negeri telah meningkat secara dramatis.
dalam pasar international,kepemilikan penuh menjadi lebih tidak mungkin di banyak pasar serta industri.alternatif utama adalah kerjasama internasional dimana perusahaan bergabung dengan badan usaha lain,bahkan beberapa pemerintah asing.ketika perusahaan mungkin tidak ingin melakukan investasi langsung itu akan menjadi tantangan tersendiri bagi manajemen untuk berperan dalam hal-hal seperti kontrak manajemen

Tidak ada komentar:

Posting Komentar